Headlines News :

About

Home » » RANGKUMAN TAKSONOMI BLOOM

RANGKUMAN TAKSONOMI BLOOM

Written By Unknown on Friday 26 April 2013 | 02:32

        
    Taksonomi Bloom menggolongkan tiga katagori perilaku belajar yang berkaitan dan saling melengkapi, yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.
A.    Ranah Kognitif
Ada enam tingkatan pada ranah kognnitif yaitu:
1.    Pengetahuan, merupakan ingatan terhadap hal-hal yang telah dipelajari sebelumnya. Hal ini termasuk mengingat bahan-bahan, benda, fakta, gejala, dan teori. Hasil belajar dari pengetahuan merupakan tingkatan rendah.
2.    Pemahaman, didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami materi/bahan. Hasil belajar dari pemahaman lebih maju dari ingatan sederhana, hafalan, atau pengetahuan tingkat rendah.
3.    Penerapan, merupakan kemampuan untuk menggunakan materi yang telah dipelajari dan dipahami kedalam situasi konkret, nyata, atau baru. Hasil belajar dari penerapan ini tingkatannya lebih tinggi dari pemahaman.
4.    Analisis, merupakan kemampuan untuk menguraikan materi ke dalam bagian-bagian atau komponen-komponen yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti. Hasil belajar analisis merupakan tingkatan kognitif yang lebih dari kemampuan memahami dan menerapkan.
5.    Sintesis, merupakan kemampuan untuk mengmpulkan bagian-bagian menjadi suatu bentuk yang utuh dan menyeluruh. Hasil belajar sintesis menekankan pada perilaku kreatif dengan mengutamakan perumusan pola atau struktur yang baru dan unik.
6.    Penilaian, merupakan kemampuan untuk memperkirakan dan menguji nilai suatu materi untuk tujuan tertentu. Hasil belajar penilaian merupakan tingkatan kognitif paling tinggi sebab berisi unsur-unsur dari semua katagori, termasuk kesadaran untuk melakukan pengujian yang sarat nilai dan kejelasan kriteria. 

B.    Ranah Afektif
Ada lima tingkatan pada ranah afektif yang digolongkan berdasarkan penghanyatan, yaitu:
1.    Penerimaan, merupakan kesadaran atau kepekaan yang disertai keinginan untuk menenggang atau bertoleransi terhadap suatu gagasan, benda, atau gejala. Hasil belajar penerimaan merupakan pemilikan kemampuan untuk membedakan dan menerima perbedaan.
2.    Penanggapan, merupakan kemampuan memberikan tanggapan atau respon terhadap suatu gagasan, benda, bahan, atau gejala tertentu. Hasil belajar penanggapan merupakan suatu komitmen untuk berperan serta berdasarkan penerimaan.
3.    Perhitungan atau Penilaian, merupakan kemampuan memberi penilaian atau perhitungan terhadap gagasan, bahan, benda, atau gejala. Hasil belajar perhitungan atau penilaian merupakan keinginan untuk diterima, diperhitungkan, dan dinilai orang lain.
4.    Pengaturan atau Pengelolaan, merupakan kemampuan mengatur atau mengelola berhubungan dengan tindakan penilaian dan perhitungan yang dimiliki. Hasil belajarnya merupakan kemampuan mengatur dan mengelola sesuatu secara harmonis dan konsisten berdasarkan pemilikan filosofi yang dihayati.
5.    Bermuatan nilai, merupakan tindakan puncak dalam perwujudan perilaku seseorang secara konsisten sejalan dengan nilai atau seperangkat nilai-nilai yang dihayatinya secara mendalam. Hasil belajarnya merupakan perilaku seimbang, harmonis, dan bertanggung jawab dengan standar nilai yang tinggi.

C.    Ranah Psikomotorik
Ranah psikomotorik memiliki lima tingkatanyang dimulai dari reflek yang sederhana hingga gerakan saraf otot yang lebih kompleks, yaitu:
1.    Geraka refleks, merupakan tindakan yang ditunjukkan tampa belajar dalam menanggapi stimulus.
2.    Gerakan dasar, merupakan pola gerakan yang diwarisi yang terbentuk berdasarkan campuran gerakan refleks dan gerakan yang lebih kompleks.
3.    Gerakan tanggapan, merupakan penafsiran terhadap segala rangsang yang membuat seseorang mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Hasil belajarnya berupa kewaspadaan berdasarkan peritungan dan kecermatan.
4.    Kegiatan fisik, merupakan kegiatan yang memerlukan kekuatan otot, kekuatan mental, ketahanan, kecerdasan, kegesitan, dan kekuatan suara.
5.    Komunikasi tidak berwacana, merupakan komunikasi melalui gerakan tubuh. Gerakan tubuh ini merentang dari ekspresi untuk muka sampai dengan gerakan koreografi yang rumit.
Share this article :

0 comments :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. LPI AL - DJAUHARI - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template