Headlines News :

About

Home » » 7 Tips Cerdas Menjual Mobil Secara Online

7 Tips Cerdas Menjual Mobil Secara Online

Written By Unknown on Saturday 11 May 2013 | 02:08

 

Jika ingin menjual kendaraan secara online, tentunya ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum menaruhnya di situs jual beli di internet.

Tanpa pertimbangan dan pengetahuan yang tepat tentang kendaraan, penjualan pasti akan jauh lebih sulit dan akan menghabiskan waktu lebih lama.

Berikut beberapa tips yang dapat membuat kendaraan Anda lebih terlihat menarik dan memikat calon pembeli di situs jual beli online, serta proses penjualannya yang diharapkan dapat menjadi lebih mudah.

1. Komitmen diri sendiri

Ketika ingin menjual kendaraan, apalagi kendaraan kesayangan Anda, komitmen adalah hal yang sangat penting. Anda harus bersiap menghabiskan waktu dan energi untuk memasang iklan penjualannya.

Menjual kendaraan secara online adalah suatu proses yang membutuhkan banyak penelitian dan hal yang harus dilakukan, sehingga diharapkan kendaraan Anda dapat terjual dengan proses yang lebih cepat dengan harga yang lebih tinggi.

2. Lakukan penelitian dan beri harga yang sesuai

Lakukan penelitian pada kendaraan Anda, tentukan harga yang tepat dengan melihat dan mengecek seluruh kondisi kendaraan, lalu bandingkan dengan harga kendaraan serupa yang ada di pasaran, kemudian tentukan harga yang kompetitif yang memancing minat calon pembeli.

Jika kendaraan Anda terhitung sebagai kendaraan lama dan langka, jelas membutuhkan penelitian yang lebih khusus.
Selain itu jangan pernah mencoba untuk menipu calon pembeli, jika kendaraan Anda memiliki kerusakan khusus, pajak telat atau kehilangan surat-surat penting, beri harga yang setimpal dengan kekurangan tersebut.

3. Beri foto yang menarik dan jelas terlihat

Tips yang ketiga ini cukup menantang. Pasalnya sering kali calon pembeli ingin melihat lebih jelas seperti apa kondisi kendaraan yang diiincarnya sebelum menawarnya. Untuk itu, berikan foto-foto dari kendaraan Anda yang memiliki resolusi cukup tinggi.

Gunakan kamera yang baik, ambil sudut-sudut yang membuat mobil Anda terlihat menarik. Perlihatkan tampilan mesin, interior (jika mobil), serta bagian-bagian penting dari kendaraan.
Lebih banyak foto lebih baik, karena calon pembeli bakal lebih tau dan lebih berminat setelah melihat kondisi kendaraan dengan lebih jelas.

Para calon pembeli cenderung lebih percaya pada Anda dan harga yang Anda berikan, ketika nantinya mereka membandingkan secara langsung foto yang Anda tampilkan dengan wujud sebenarnya.

4. Berikan deskripsi yang tepat dan memancing minat

Deskripsi yang menarik dan sesuai dengan kendaraan Anda dapat memancing minat para calon pembeli potensial. Jika kendaraan Anda memiliki suatu keunggulan fitur tertentu, tonjolkan.

Misalnya, kendaraan Anda telah diberi velg atau knalpot baru, atau STNK yang telah diperpanjang dan pajak yang telah dilunasi, jumlah kilometer, ban baru, perangkat audio, tampilan interior, bodykit, wing (jika mobil), cat, lampu serta fitur maupun variasi lainnya.

Deskripsi ini akan membantu menaikkan minat calon pembeli pada kendaraan Anda, karena mereka akan membandingkan dengan kendaraan lainnya yang juga dijual.

5. Gunakan kata kunci yang efektif

Gunakan kata kunci yang mudah, dan dapat dikenal oleh semua orang. Jangan salah memberi nama atau merek kendaraan, model, serta tahun pembuatan.
Kata kunci ini sangat penting karena dengan kata kunci yang tepat kendaraan yang Anda jual akan semakin mudah dicari di mesin pencari seperti Google, misalnya, yang umum digunakan setiap orang.

6. Sebar info sebanyak mungkin.

Saat ini sudah banyak situs jual beli online yang populer, namun Anda dapat memanfaatkan beberapa media online lain untuk menyebar info kendaraan Anda. Contohnya lewat jejaring sosial yang biasanya juga memiliki forum jual beli sendiri, seperti Facebook, Twitter, atau Instagram.

Bisa juga lewat situs perpesanan seperti BBM, whatsapp, atau Line, misalnya, dengan menampilkan foto dan link dari situs jual beli yang Anda gunakan untuk tempat menjual dan memberikan info tentang kendaraan Anda.

7. Sertakan momor telepon dan kontak lainnya yang mudah dihubungi

Biasanya para calon pembeli ingin bertanya-tanya terlebih dahulu sebelum menawar dan melihat kendaraan Anda secara langsung. Untuk itu berikan nomor telepon yang mudah dihubungi, atau akun jejaring sosial Anda, pin BB dan lain sebagainya.

Pastikan semuanya aktif, karena calon pembeli biasanya hanya melakukan satu kali kontak untuk setiap iklan, jangan biarkan mereka beralih ke kendaraan lain karena nomor dan kontak Anda tidak aktif.

Layani pertanyaan mereka dengan ramah, beri jawaban yang sesuai dan dapat memancing minat mereka, bisa dicoba dengan melakukan sedikit trik-trik persuasi yang dapat membuat mereka tertarik.

Selamat mencoba dan semoga berhasil. [ikh]

sumber : INILAH.COM, 

Share this article :

0 comments :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. LPI AL - DJAUHARI - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template